Friday, January 29, 2010

PENUTUPAN PPS D-IV KESEHATAN POLTEKKES JOGJA TA. 2010/2011

Jumat, 29 Januari 2010, kegiatan PPS D-IV Kesehatan Poltekkes Kemenkes Ykt TA. 2010/2011 telah ditutup secara resmi. Sebagaimana pada saat pembukaan, acara ini juga berlangsung di Auditorium Kampus Terpadu Poltekkes Jogja, Jl. Tata Bumi 3, dimulai dari pukul 14.00 -s/d- 15.00 WIB.

Para pejabat dari Direktorat dan Jurusan yg hadir saat penutupan PPS

Selain seluruh mahasiswa peserta PPS dari keenam Jurusan, tampak hadir dalam acara penutupan ini adalah Pudir III, Kajur Analis Kes, dan Para pengelola Prodi D-IV dari Jurs. Gizi, Kebidn, Keperawatan, Kes. Gigi & Kes. Lingkungan, serta panitia PPS dari Direktorat dan Jurusan.

Mewakili ketua panitia PPS, Alhiko, SKM, MPH menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yg telah mengikuti PPS selama 3 hari dgn penuh perhatian, kesabaran, dan serius tapi santai. Dilaporkan pula bahwa dari 144 mahasiswa peserta PPS yg tercatat, 4 diantaranya dinyatakan Tidak/Belum Lulus PPS karena kehadirannya yg kurang dari 2 hari. Mereka adalah Dalima Purwanti (J. Analis Kes), Theodorus (J. Gizi), Yuliani Tangko (J. Kebidanan), dan Dewi Ratih (JKG). Selebihnya, sebanyak 140 mahasiswa dinyatakan lulus, dan berhak memperoleh sertifikat PPS. Panitia juga memohonkan maaf jika terdapat pelayanan/hal-hal yg kurang memuaskan bagi para peserta PPS.

Bpk Pudir III (Drs. Kirnantoro, SKM, MKes) dalam sambutannya mewakili Direktur Poltekkes memesankan kepada para mahasiswa baru tsb agar makna dari kegiatan PPS dan outbond dpt dipelihara setelah kegiatan PPS ini selesai, yaitu dgn tetap saling berkunjung dan bertegur sapa, serta bekerjasama satu sama lain sebagai sebuah tim yg kompak meskipun nanti kampusnya terpisah satu sama lain dlm 4 lokasi berbeda.

Bpk. Fx, Saptono Putro sedang mengenakan Jas Almamater
kepada perwakilan peserta PPS dari Jurs. Analis Kes.

Bpk Taadi, S.Si.T, MKes sedang melepas atribut PPS dari perwakilan peserta
Jurs. Kes. Gigi utk kemudian diganti dgn Jas Almamater Poltekkes.

Acara selanjutnya adalah Pelepasan atribut peserta PPS (dasi hitam dan name tag), selanjutnya pengenaan secara simbolis Jas Almamater Poltekkes Jogja oleh Kajur/para Pengelola D-IV Kesehatan.

Ibu Rudyantari mewakili peserta PPS sedang menyampaikan
pesan dan kesannya selama mengikuti kegiatan PPS dan outbond.

Acara penutupan PPS dilanjutkan dgn penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta yg berdasarkan penilaian oleh panitia dianggap paling bersemangat saat mengikuti rangkaian kegiatan PPS dan outbond. Terpilihlah Ibu Rudyantari yg berasal dari Jurs. Kebidanan sebagai peserta PPS terbaik.

Meskipun termasuk mahasiswa "bermutu" (Bermuka Tua) namun beliau tetap antusias/bersemangat muda, sehingga bisa dijadikan contoh bagi para mahasiswa D-4 lain yg masih muda2/fresh graduated. Untuk itu beliau dianugrahi hadiah door prize berupa kalender Poltekkes Jogja Tahun 2010. Selamat & tetap Semangat Ibu Rudyantari !

Selamat&Sukses juga kepada seluruh mahasiswa baru D-IV Poltekkes Kemenkes Jogja TA. 2010/2011. Ingat, kuliah perdana akan dilaksanakan mulai Senin, 1 Febr 2010. Selamat Belajar ! Smoga sukses berprestasi.... Amien...!

Thursday, January 28, 2010

OUTBOND PPS D-IV KESEHATAN POLTEKKES JOGJA TA. 2010/2011

Pemberangkatan rombongan peserta PPS Prodi D-IV

Mahasiswa Baru Prodi D-IV Kesehatan TA.2010/2011 dari ke-6 Jurusan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Ykt sejak hari Rabu, tgl 27 Januari 2010 telah mulai mengikuti kegiatan Pengenalan Program Studi sebagai kegiatan wajib sebelum mengikuti perkuliahan di Poltekkes Jogja.

Setelah pd hari pertama PPS para mahasiswa baru ini di"jejali" dgn berbagai hal yg terkesan berat & serius (mendengar ceramah-dan ceramah sepanjang hari, red), maka pada hari ke-2, Kamis, 28 Januari 2010 mereka diajak mengikuti kegiatan santai di lapangan/outbond. Dengan menggunakan 6 buah bus Poltekkes, peserta PPS diangkut menuju lokasi kegiatan di Samudra Jaya, Jl. Kaliurang, Sleman. Dalam kegiatan ini, PUDIR III Poltekkes Jogja berkesempatan memimpin langsung pemberangkatan rombongan mahasiswa dan panitia PPS dan membuka secara resmi kegiatan outbond di Samudra Jaya.

Pak Kirnantoro menyampaikan sambutan pd pembukaan outbond.

Bpk. Kiki saat menyampaikan materi di tengah2 peserta outbond

Peserta PPS/outbond sedang mengikuti game spider web

Game trust fall yg menegangkan dan mengasyikkan

Para peserta tampak sangat menikmati beragam game yg dimainkan secara bersama2 maupun berkelompok. Mulai dari pembentukan regu & yel2, streching/pemanasan, game susur gua, spider web, pagar listrik, pipa bocor, trust fall, tangga manusia, hingga tracking. Meskipun pada siang harinya di kawasan Kaliurang cuaca hujan, peserta & instruktur tetap antusias melanjutkan kegiatan outbond, dan tetap berhujan2 ria.

Tracking di tengah hujan deras... hii.. Dingin2 asyik!

Setelah tracking menelusuri jalan2 setapak dan melintasi sungai di sekitar lokasi outbond, peserta kembali lagi ke ruang aula utk mandi/ganti baju, Ishoma, dan mengikuti uraian makna dari berbagai kegiatan/game outbond yg telah dilakukan sebelumnya.

Sesi ini tak kalah menarik perhatian peserta maupun panitia PPS, karena dibawakan dgn sangat meyakinkan oleh Kiki F. Wijaya, seorang motivator & master pengembangan diri dari Samudra Jaya. Beliau membawakan materi tentang The Road To Success, Strategi Menjadi Pribadi Unggul dan Berprestasi. Semua peserta PPS disadarkan utk dpt terus bersemangat melakukan kebaikan (termasuk melanjutkan kuliah di D-IV), to give not just to take, juga tidak lagi berorientasi take and give.

Akhirnya pada pukul 14.30 WIB kegiatan outbond berakhir, dan rombongan peserta outbond kembali ke kampus Poltekkes tercinta dengan selamat & penuh bersemangat.

Pada hari Jum'at, tgl 29 Januari 2010 pagi, kegiatan PPS ini akan diisi dgn penjelasan materi-materi penting terkait dgn kegiatan pembelajaran di jurusan/prodi masing2, dan setelah Jum'atan (13.30 WIB) kegiatan PPS akan ditutup secara resmi di Auditorium Poltekkes Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden.

Wednesday, January 27, 2010

SELAMAT WISUDA S2 BAGI KE-3 DOSEN POLTEKKES JOGJA

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI No.: KP.01.SJ.SK.IV.1048 Tanggal 16 Nopember 2007, Ada 15 orang dosen Poltekkes Depkes Ykt yg memperoleh kesempatan utk melanjutkan tugas belajar (tubel) dalam negeri tahap I th 2007. Diantara ke-15 orang tsb, 1 orang diantaranya melanjutkan studi S3 di Ilmu Kedokteran dan Kesehatan UGM Ykt (I Made Alit Gunawan, Ir,M.Si, dosen Jurs. Gizi), dan 14 orang lainnya melanjutkan studi S2, termasuk Alhiko (Admin web KemahasiswaanPoltekkesJogja ini).

Distribusi asal jurusan dan minat studi yg diambil ke-14 orang dosen Poltekkes Jogja tsb cukup beragam, yaitu:
  1. Jurusan Analis Kes: 7 orang, dengan rincian: Prodi Ilmu Kedokteran Tropis (IKT) UGM sebanyak 3 orang, Prodi Ilmu Kes. Masyarakat (IKM) UGM sebanyak 1 orang dan Prodi Ilmu Kedokteran Dasar (IKD) UGM sebanyak 3 orang.
  2. Jurusan Gizi: 1 orang, Minat Gizi Prodi IKM UGM Ykt
  3. Jurusan Kebidanan: 2 orang, Kebidanan UNPAD Bandung.
  4. Jurusan Keperawatan: 3 orang, Keperawatan UI Jakarta.
  5. Jurusan Kes. Lingk: 1 orang (Alhiko), yg mengambil Minat Sistem Informasi Kesehatan (SIMKES) Prodi IKM UGM Ykt.
Dari 15 orang peserta tubel th 2007 tersebut, sebagian besar telah lulus S2 dan telah bertugas kembali sbg dosen di Jurusan masing-masing, khususnya peserta tubel dari Jurusan Analis Kes., Kebidanan, dan Keperawatan.
Alhiko bersama istri tercinta (dr. Rohmah Insyatun)
setelah acara wisuda di Grha Sabha Pramana UGM

Dan pada hari Rabu, 27 Januari 2010, Alhiko, SKM dari Jurs. Kes. Lingkungan bersama Bpk.Bambang Supriyanta, S.Si dari Jurs. Analis Kes. kembali menambah jumlah peserta tubel th 2007 yg telah menyelesaikan S2. Disamping itu terdapat 1 orang lagi dosen Poltekkes Jurs. Keperawatan yg turut di wisuda pd periode ini. Beliau adalah Bpk. Tri Prabowo, SKp. dari Jurs. Keperawatan yang merupakan peserta tubel jauh sebelum th 2007.

Wisuda Periode II TA. 2009/2010 ini dilaksanakan di Grha Sabha Pramana UGM, Bulak Sumur, Sleman, D.I. Yogyakarta. Dengan telah selesainya wisuda tsb, maka ketiga dosen ini berhak menyandang gelar MPH dan M.Sc dibelakang namanya. (Alhiko, SKM, MPH ; Bambang Supriyanta, S.Si, M.Sc ; dan Tri Prabowo, SKp, MPH).

Dari kiri ke kanan: Tri Prabowo, Alhiko, dan Bambang Supriyanta

Selamat Wisuda kepada ke-3 dosen Poltekkes tsb. Smoga hal ini akan semakin menambah keunggulan kompetitif SDM Dosen di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Ayo, tingkatkan terus keunggulan kompetitif dosen Poltekkes !
Habis S2 ? ... Ya, S3 !... Are you Ready... ?!?

Tuesday, January 26, 2010

JADWAL KEGIATAN PPS PROGRAM STUDI D-IV KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TA 2010/2011

Berikut ini adalah jadwal lengkap kegiatan PPS Prodi D-IV Kesehatan yang akan dilaksanakan dari hari Rabu, 27 Januari 2010 -s/d- hari Jum'at, 29 Januari 2010.

Jadwal Kegiatan PPS D-IV TA.2010/2011

Selamat mengikuti kegiatan PPS... ! Bagi Anda calon mhs baru Prodi D-IV Kesehatan, jangan sampai tidak datang PPS ya... karena ketidakhadiran Anda akan membuat Anda terpaksa harus mengulang kembali hingga dinyatakan lulus dalam kegiatan PPS.

Monday, January 25, 2010

PEMILIHAN DIREKTUR POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA PERIODE 2010-2014

Sebagai puncak dari acara Pemilu di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, maka pada hari Senin, 25 Januari 2010, di mulai dari pukul 09.00 -s/d- 15.00 WIB, bertempat di Auditorium Kampus Terpadu Poltekkes Kemenkes Ykt, Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, telah digelar Sidang Senat Terbuka dlm rangka Penyampaian Visi-Misi dan Program Kerja dan Pemilihan Calon Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Periode 2010-2014.

Penyampaian Visi-Misi dan Program kerja berlangsung hangat & disambut antusias oleh tamu undangan yg berjumlah 123 orang, berasal dari Anggota Senat (39 orang), Utusan Civitas Jurusan (6 jurusan x 10 orang = 60 0rang), Utusan BEM (7 BEM x 2 orang = 14 orang) dan Panitia Teknis (10 orang). Sayang sekali, panitia-sepertinya karena kelupaan, dan smoga bukan karena disengaja (?!?)- tidak mengundang pula utusan civitas dari Direktorat Poltekkes Kemenkes Ykt sebagai salah satu unsur penting dari Poltekkes Ykt.

Setelah penyampaian visi-misi-proker dari ke-4 kandidat, acara dilanjutkan dgn pemilihan Calon Direktur. Sesuai aturan yg ada, maka yg berhak memberikan suara/memilih adalah anggota senat Poltekkes Ykt. Senat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yg berjumlah 39 orang telah menggunakan hak pilihnya dengan sebaik2nya. Hal ini ditunjukkan dari tidak adanya surat suara yg Tidak Sah/Abstain. Meskipun ada 2 orang anggota senat Poltekkes Ykt yg sedang sakit/mondok di RS Panti Rapih, pada saat pemilihan, Panitia Pemilihan mengutus tim kecil untuk mengantarkan surat suara untuk dicontreng oleh anggota senat yg sedang sakit tsb.

Anggota Panitia Pemilihan (Bpk Aan S) tengah menunjukkan sah/
tidaknya surat suara dihadapan para saksi dari ke-4 calon direktur.

Hasil perolehan suara dari masing2 calon direktur.

Dari ke-4 calon direktur, perolehan suara masing2 adalah sbb:
  • Rangking I: Ibu DR. Lucky Herawati, SKM, MSc. (dengan 18 suara)
  • Rangking II: Bpk Drs. Kirnantoro, SKM. M.Kes. (dengan 8 suara)
  • Rangking III: Bpk Abidillah Mursyid, SKM. MS. (dengan 7 suara)
  • Rangking IV: Ibu Maria H. Bakri, SKM. M.Kes. (dengan 6 suara)
Sejarah Poltekkes mencatat ini adalah untuk ketiga kalinya pemilu dilaksanakan selama Poltekkes Yogyakarta berdiri (April 2002). Pastinya smua pihak berharap Pemilu kali ini pelaksanaannya adalah yg semakin baik, demokratis, luber dan jurdil dari waktu2 sebelumnya.

Luapan & ekspresi kegembiraan dan kesedihan yg terpancar dari
para calon direktur setelah selesainya perhitungan suara.

Untuk ke-4 calon yang telah berlaga, diharap dapat bersikap legawa. Menang atau kalah itu adalah resiko demokrasi. Mari kita akhiri "perseteruan" diantara calon direktur & tim suksesnya, dan kita rajut kembali silaturrahmi diantara sesama civitas akademika. Karena "Pertempuran" telah berakhir dan seperti ungkapan Ibu Lucky Herawati: "Kemenangan ini adalah kemenangan kita smua".

Selamat kepada ke-3 calon Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt yg telah terpilih dengan suara terbanyak, untuk kemudian diusulkan oleh Senat Poltekkes Kemenkes Yk ke Badan PPSDM Kes, Kementrian Kesehatan RI guna mendptkan keputusan akhir : Who's the next leader? (Siapa yg akan menjadi Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt Periode 2010-2014 ?).

Semoga hajatan pemilu bukan hanya rutinitas/formalitas yang menghamburkan banyak sumber daya, dan akan benar-benar menghasilkan pemimpin yang pantas mendapat predikat "wali amanah" dari seluruh Civitas Akademika Poltekkes Depkes Ykt, dapat membawa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ke jalan yg "lurus & benar" menghadapi persaingan global yg sudah di depan mata.

Tetap utuh & kompak dari awal perjuangan hingga akhirnya
(Direktur dan Pudir I-II-III Periode 2006-2009
berfoto bersama setelah pelaksanaan pemilihan).

PENGUMUMAN HASIL UJIAN KESEHATAN PRODI D.IV TAHAP II

Hari Senin, 25 Januari 2010 pada pukul 18.00 WIB Panitia Sipenmaru Prodi D.IV Poltekkes Depkes Ykt telah menyelesaikan nominasi dan mengumumkan Hasil Ujian Kesehatan (UKES) Tahap II yg telah dilaksanakan di RSUP Dr. Sardjito pada tgl 23 Januari 2010. Pengumuman ini terpaksa molor dari rencana, berhubung adanya kegiatan Pemilihan Calon Direktur Poltekkes Depkes Ykt periode 2010-2014 sepanjang pagi hingga siang harinya. Untuk itu Panitia menyampaikan permohonan maaf dan mohon maklum.

Hasil lengkap pengumuman Ujian Kesehatan Tahap II dapat di lihat di Papan pengumuman Kampus Poltekkes Depkes Ykt atau disini:
Pengumuman Uji Kesehatan Tahap II Sipenmaru Prodi D-4

Biaya yg harus dibayarkan oleh setiap calon mahasiswa baru Prodi D.IV Poltekkes Depkes Ykt TA. 2010/2011 pada saat daftar ulang adalah sbb:
  1. Biaya pendidikan (sesuai PP 13): Jurusan Analis Kes.= Rp 6.660.000,- Jurusan Gizi = Rp 6.660.000,- Jurusan Kebidanan= Rp 9.060.000,- Jurusan Keperawatan: Medikal Bedah= Rp 7.160.000,- Gawat Darurat= Rp 7.160.000,-Jurusan Kes. Gigi = Rp 6.660.000,- Jurusan Kes. Lingkungan = Rp 6.660.000,-
  2. Jas Almamater, Buku Komunikasi, Buku Praktikum Komputer, Buku Panduan KTI, Jurnal Kesehatan = Rp 175.000,-
  3. Iuran BEM = Rp 150.000,-.
Pembayaran biaya registrasi Tahap II tsb dilakukan melalui 3 loket pembayaran, yaitu Bank BTN utk Point No. 1, Koperasi Poltekkes utk Point No. 2, dan BEM utk Point No. 3.

Loket pembayaran akan dibuka di Direktorat Poltekkes Depkes Ykt pada tanggal 26 Januari 2010 pukul 09.00 WIB -s/d- 14.00 WIB. (INGAT: Hanya 1 hari saja, bagi yg tidak daftar ulang, dianggap GUGUR)

Selamat atas diterimanya Anda sbg Calon Mhs Baru Poltekkes Depkes Ykt TA. 2010/2011.

Friday, January 22, 2010

PENGUMUMAN HASIL UJI TULIS TAHAP II PRODI D-IV KESEHATAN

Sesuai informasi yg telah disampaikan kepada peserta UTUL Tahap II, maka Jum'at, 22 Januari 2010 Panitia Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta TA. 2010/2011 telah menyampaikan pengumuman kelulusan UTUL Tahap II, yang diikuti peserta dari Jurs. Analis Kes., Gizi, Kebidanan, Kes. Gigi, dan Kes. Lingkungan.

Berikut ini adalah pengumuman tsb.

Pengumuman UTUL Tahap II Prodi D-4 Kesehatan

Selamat kepada peserta yg telah dinyatakan lulus UTUL Tahap II.
Silahkan mempersiapkan diri Anda utk pelaksanaan Uji Kesehatan (UKES) Tahap II di GCU RS. Dr. Sardjito Ykt pada Hari Sabtu, 23 Januari 2010. Pukul 08.00 -s/d- Selesai. Siapkan foto dan uang pendaftaran UKES sebesar Rp 55.000,-

PENGUMUMAN HASIL UJI TULIS TAHAP I PRODI D-IV KEPERAWATAN

Inilah pengumuman hasil UTUL Tahap I calon mahasiswa Prodi- DIV Keperawatan yg sudah ditunggu2 sejak 22 Januari 2010 lalu.

Pengumuman UTUL Thp I Sipenmaru D-4 Keperawatan

Selamat, Silahkan mempersiapkan diri utk pelaksanaan Uji Kesehatan Tahap II di GCU RS. Dr. Sardjito Ykt pada Hari Sabtu, 23 Januari 2010.

Thursday, January 21, 2010

SOSIALISASI CALON DIREKTUR POLTEKKES DEPKES YKT PERIODE 2010 - 2014

Panitia pemilihan Calon Direktur Poltekkes Depkes Ykt Periode 2010 - 2014 yg diketuai oleh Bpk. Joko Susilo, SKM, MKes, mulai sibuk mensosialisasikan calon dan menyiapkan pelaksanaan pemilihan Direktur yg dijadwalkan akan digelar pada hari Senin 25 Januari 2010 di Auditorium Poltekkes Depkes Ykt.

Sejumlah poster yg memajang foto wajah ke-4 calon direktur telah dipajang di sejumlah titik massa civitas akademika. Disamping itu juga terdapat spanduk bertuliskan "Dengan semangat kebersamaan dan profesionalisme kita sukseskan pemilihan Direktur Poltekkes Depkes Ykt Periode 2010 - 2014, Senin 25 Januari 2010." yg dipajang di pintu masuk Kampus Terpadu Poltekkes Jl. Tata Bumi dan pintu masuk ruang loby kantor Poltekkes Ykt.

Jika melihat foto ke-4 calon direktur yg maju dalam kontes pemilihan, semuanya sih tampak profesional, mantap, gagah (yg putra), keibuan (yg putri), ramah, percaya diri, dan optimis bisa menjadi lokomotif yg akan membawa Poltekkes Ykt ke arah yg lebih baik dlm periode 2010-2014.

Semoga pelaksanaan pemilihan Calon Direktur Poltekkes Depkes Ykt Periode 2010 - 2014 akan dapat berjalan lancar & suasana persaingan antar kandidat dan tim suksesnya dapat segera berakhir...

Wednesday, January 20, 2010

AKREDITASI PRODI D-III POLTEKKES DEPKES YKT

Setelah melalui proses supervisi dan penilaian langsung oleh Tim Akreditasi dari Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) Depkes RI di akhir tahun 2009, akhirnya keluarlah surat keputusan yg telah dinanti2 oleh smua civitas akademika Poltekkes Depkes Ykt.

Berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Depkes No. HK.06.01/IV/3/00040, 00042, 00044, 00046, 00048, dan 00050/2009 tanggal 8 Januari 2010, ke-6 Program Studi D-III yang ada di lingkungan Politeknik Kesehatan Depkes Yogyakarta yaitu: Keperawatan, Kebidanan, Kes. Lingk, Gizi, Kes. Gigi, dan Analis Kes. telah ditetapkan memperoleh jenjang Akreditasi Strata A.

Menilik kepada perolehan nilai akreditasinya, maka nilai terrendah adalah 87,42 (Jurs. Kebidanan) dan tertinggi adalah 91,46 (Jurs. Kes. Lingkungan). Ini merupakan perolehan yg sangat mengembirakan bagi semua jurusan, karena jika dibandingkan dgn perolehan pada akreditasi periode sebelumnya (Thn 2004), nilai akreditasi masing-masing jurusan kali ini meningkat semuanya, bahkan untuk Jurusan Analis Kes. dan Kebidanan, jenjang akreditasinya juga meningkat dari Strata B menjadi Strata A. Ke-4 Jurusan lainnya tetap memperoleh Strata A, dengan nilai yg lebih tinggi (Strata A "Gemuk")

Jenjang Akreditasi yg diperoleh tersebut berlaku selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan (8 Januari 2010).

Selamat kepada seluruh Civitas Akademika Poltekkes Depkes Ykt atas jerih payahnya sehingga dapat memperoleh nilai Akreditasi yang lebih baik dari periode sebelumnya, dan memperoleh strata tertinggi (A).

Semoga dalam 5 tahun ke depan perolehan ini dapat dipertahankan lebih baik lagi. Congrat !! (Kapan acara syukurannya ya?! ... He2 ...)

UJI TULIS SIPENMARU PRODI D-IV KESEHATAN TAHAP II

Hari Kamis, 21 Januari 2010 bertempat di Auditorium Kampus Terpadu Poltekkes Depkes Ykt Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman telah diselenggarakan ujian tulis (Utul) Tahap II Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Poltekkes Depkes Ykt TA. 2010/2011. Ujian tulis ini dimulai pukul 09.00 -s/d- pukul 11.00 WIB.

Sedikit berbeda dgn pelaksanaan UTUL sebelumnya, peserta UTUL Tahap II tidak sebanyak tahap I. Peserta ujian tulis Tahap II ini tercatat sebanyak 39 orang berasal dari ke-5 jurusan yang ada diPoltekkes Depkes Ykt, yaitu Jurs. Analis Kes., Gizi, Kebidanan, Kes. Gigi, dan Kes. Lingkungan. Namun dari jumlah tsb yg dapat hadir mengikuti ujian tulis hanya sebanyak 37 orang, sedangkan sisanya sebanyak 2 orang (dari Jurs. Kebidanan 1 orang, dan dari Jurs. Kes.Lingk 1 orang) tidak hadir dan tanpa keterangan/alasan. Bagi mereka yg tidak hadir mengikuti uji tulis tahap II ini, maka Panitia tidak lagi memberi kesempatan untuk dapat mengikuti ujian tulis pada tahap berikutnya, karena Seleksi penerimaan Mhs Baru Prodi D-IV ini hanya sampai Tahap ke-II saja.

Pengumuman hasil Uji tulis Tahap II ini insya Allah akan diadakan pada hari Jum'at, tanggal 22 Januari 2009, pukul 14.00 WIB. Selamat kepada calon mahasiswa baru Poltekkes Depkes Ykt. Semoga sukses dalam UTUL Tahap I ini.

Monday, January 18, 2010

TAHAPAN PEMILIHAN CALON DIREKTUR POLTEKKES YKT DIMULAI KEMBALI !

Berdasarkan rekomendasi Badan PPSDM Kesehatan Depkes RI nomor KP.04.04.II/2/6363/2009 tanggal 31 Desember 2009 dan sesuai dengan ketentuan ORTALA yang berlaku dalam ketetapan Pemilihan Calon Direktur, serta ketentuan Tata Tertib Pemilihan Calon Direktur Poltekkes Depkes Yogyakarta periode 2010-2014 Bab II Pasal 5 (Ayat 1, 2, 3, 4, 5) maka pada hari Selasa, 19 Januari 2010 Panitia Pemilihan Calon Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt Periode 2010-2014 telah mengadakan pertemuan untuk membicarakan beberapa hal terkait dgn persiapan pelaksanaan pemilihan calon Direktur Poltekkes Ykt selanjutnya.

Pertemuan yang dihadiri oleh ke-4 calon Direktur, yaitu :
  • DR. Hj. Lucky Herawati, SKM. MSc.
  • H. Abidillah Mursyid, SKM. MS.
  • Drs. H. Kirnantoro, SKM. M.Kes
  • Hj. Maria H. Bakri, SKM. M.Kes
membicarakan beberapa hal, antara lain:
  1. Kesepakatan dari ke-4 calon utk melaksanakan pemilihan calon direktur Poltekkes agar dapat berjalan damai / fair play,
  2. Pengambilan nomor undian urutan penyampaian visi-misi,
  3. Mekanism pemilihan, simulasi pencontrengan, pembacaan tatib, serta tatib bagi calon pemilih/senat/cadir yg sedang sakit.
Selain membicarakan mengenai hal-hal tersebut di atas, pertemuan juga menetapkan bahwa hard copy dan soft copy visi-misi calon direktur harus sudah disampaikan kepada panitia paling lambat pada Hari Kamis, 21 Januari 2010 jam 10.00 WIB.

Selanjutnya, pada Hari Jum'at, 22 Januari 2010, hard copy tsb akan digandakan oleh Panitia untuk kemudian dibagikan.

Pada Hari Senin 25 Januari 2010 bertempat di Auditorium Poltekkes Depkes Yogyakarta, akan dilaksanakan penyampaian visi-misi oleh calon direktur dihadapan audiens yang berjumlah 123 orang. Audiens tersebut terdiri dari Anggota Senat (39 orang), Utusan Civitas Jurusan (6 jurusan x 10 orang = 60 0rang), Utusan BEM (7 BEM x 2 orang = 14 orang) dan Panitia Teknis (10 orang).

Urutan penyampaian visi-misi adalah sesuai dengan nomor urut pengundian, yaitu:

1. H. Abidillah Mursyid, SKM. MS.
2. DR. Hj. Lucky Herawati, SKM. MSc.
3. Hj. Maria H. Bakri, SKM. M.Kes
4. Drs. H. Kirnantoro, SKM. M.Kes

Acara penyampaian visi misi yang berbentuk Model Panel Terbuka tersebut, dipimpin oleh Ketua Panitia, notulen oleh Sekretaris Panitia dan dipandu oleh moderator dari pihak luar (RRI/TVRI). Pemilihan moderator dari pihak luar dikarenakan utk menjaga netralitas, belum mengenal sama skali ke-4 cadir Poltekkes tsb.

Mekanisme penyampaian visi-misi adalah sbb:
  • Waktu yang disediakan kepada ke-4 calon direktur untuk menyampaikan visi-misi adalah selama 3 jam,
  • Apabila ada 1 pertanyaan yg disampaikan utk dijawab oleh semua nominator/calon direktur, maka urutan menjawab pertanyaan tsb ditentukan oleh moderator,
  • Calon direktur tampil dengan mengenakan pakaian resmi, berdasi (putra),
  • Setelah acara penyampaian visi-misi dilanjutkan dengan acara pencontrengan dan penghitungan perolehan suara masing-masing calon Direktur.
Selamat kepada ke-4 Calon Direktur Poltekkes Kemenkes Ykt periode 2010-2014. Ingat, ada kata-kata bijak : 1.000 kawan terlalu sedikit, 1 lawan terlalu banyak!
Mari bersaing secara sehat, namun tetap bersahabat... Hidup Poltekkes Jogja Berhati Nyaman !

KETENTUAN PENGENALAN PROGRAM STUDI (PPS) MAHASISWA BARU PRODI D-IV TA. 2010/2011

Informasi penting bagi calon mahasiswa baru Prodi D-IV Poltekkes Depkes Ykt TA. 2010/2011 yang telah melakukan registrasi/daftar ulang dan akan mengikuti kegiatan PPS:
Peraturan PPS Mhs Baru Prodi D-IV Poltekkes Depkes Ykt

Selamat mempersiapkan diri dalam kegiatan PPS...

Saturday, January 16, 2010

HASIL EVALUASI PKM 2010: PROPOSAL PENELITIAN MAHASISWA POLTEKKES DEPKES YKT LULUS !

Empat kelompok mahasiswa riset dari POLITEKNIK KESEHATAN YOGYAKARTA proposalnya telah dinyatakan lulus Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2010 yg diselenggarakan oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional.

Ke-4 judul proposal yg diajukan oleh kelompok mhs tersebut adalah:
  1. OBAT NYAMUK BAKAR TEPUNG GERGAJIAN BATANG BUAH KELAPA DARI INDUSTRI GERGAJIAN KAYU, Bidang Kegiatan: PKMP, Ketua Pelaksana: CHANDRA DES BUGIANTORO, Jurusan Kesehatan Lingkungan.
  2. PEMANFAATAN TALAS SEBAGAI ALTERNATIF PANGAN RENDAH GLUTEN BAGI ANAK AUTISM, Bidang Kegiatan: PKMP, Ketua Pelaksana: PONTIA DESRIANTI NUGRAHENI, Jurusan Gizi.
  3. PENGARUH PEMBERIAN BRANGKAS PHYSALIS ANGULATA LINN (CEPLUKAN) TERHADAP KADAR GULA DARAH TIKUS, Bidang Kegiatan: PKMP, Ketua Pelaksana: SELVIE MEGA PUSPITA, Jurusan Gizi.
  4. TEHNOLOGI TEPAT GUNA PEMBUATAN SERBUK -KRISTAL BRANGKAS PHYSALIS ANGULATA LINN (CEPLUKAN), Bidang Kegiatan: PKMT, Ketua Pelaksana: AYU DZURRIYYANA, Jurusan Gizi.
Rincian judul-judul Proposal PKM yg lulus evaluasi Tahun 2010 dapat dilihat selengkapnya di alamat situs web ini. Informasi lain terkait dgn kegiatan PKM dapat dilihat di alamat situs Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat DIKTI (http://dp2m-dikti.net/)

Kami mengucapkan Selamat kepada kelompok mhs riset Poltekkes tsb. Smoga hal ini akan semakin memotivasi kelompok mhs riset lainnya (khususnya dari 4 jurusan Poltekkes Depkes Ykt lainnya) utk dapat juga mengirim proposal penelitian PKM.

Silahkan mulai bekerja/melaksanakan penelitian sesuai proposal yg telah dinyatakan lulus. Poltekkes Depkes Ykt akan segera membantu dalam proses penandatanganan kontrak pencairan dana penelitian ke-4 kelompok penelitian tsb dari DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL. Apabila dana penelitian tsb sudah cair, silahkan menghubungi Bagian Keuangan Direktorat Poltekkes Depkes Ykt.

Selamat melaksanakan penelitian, Smoga sukses...

PEMERINTAH UBAH NAMA DEPARTEMEN KESEHATAN JADI KEMENTERIAN KESEHATAN

Pemerintah melalui Peraturan Presiden No 47/2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara, mengubah semua bentuk Departemen, Kantor Menteri Negara dan Kantor Menteri Koordinator menjadi Kementerian Negara.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Istana Negara Jakarta Jumat mengatakan pembentukan dan organisasi Kementerian Negara itu sebenarnya berlaku sejak UU No 39/2008, yang dipertegas dengan Perpres yang dikeluarkan pada 3 November 2009 itu.

"Kita aplikasikan sesuai UU, jadi nanti semua departemen itu menyesuaikan menjadi kementerian. Kita lakukan itu secara alami. Maksudnya perubahan-perubahan yang terjadi karena peraturan ini seperti urusan administrasi, naskah yang lama sudah menggunakan kepala surat itu dihabiskan dulu agar tidak terjadi pemborosan. Kalau tidak kan itu harus dimusnahkan dan harus bikin baru. Yang sudah dibikin terdahulu kita habiskan," katanya.

Namun, sejumlah perubahan terkait perubahan organisasi ini, lanjut Sudi harus langsung disesuaikan seperti penetapan unsur-unsur fungsi dan kedudukan di setiap kementerian.

Menurut Sudi, pembentukan organisasi Kementerian Negara ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja di masing-masing kementerian. "Kita gabungkan, ada yang dilikuidasi sesuai dengan kementerian itu sendiri. Jadi memang akan ada banyak juga penghematan. Yang tadinya tumpang tindih akan jadi satu. Misalnya ada satu fungsi yg sudah ada di kementerian ini dan sana, kita koordinasikan untuk di sana kita hapuskan," katanya.

Sudi mengatakan, meski tidak menetapkan target waktu, Pemerintah mengharapkan perubahan ini bisa dilakukan secepatnya setelah semua tata naskah yang telah ada habis dan bisa mencetak yang baru.

Dengan Perpres 47/2009 itu, Pemerintah mengubah sebutan Departemen, Kantor Menteri Negara dan Kantor Menteri Koordinator menjadi Kementerian, yang terdiri dari tiga kantor Kementerian Koordinator, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Kementerian Perekonomian, dan Kementerian Kesra.

Sementara untuk kementerian yang menangani urusan pemerintahan sesuai UUD 1945 ada 20 yaitu, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan.

Kemudian Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Kementerian Diknas, Kementerian Sosial, Kementerian Agama, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sedangkan kementerian yang menangani urusan pemerintahan dalam rangka penajaman, koordinasi, dan sinkronisasi program pemerintahan atau yang biasanya disebut Kantor Menteri Negara adalah Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Lingkungan Hidup, serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian BUMN, Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Sumber:

Friday, January 15, 2010

PENGUMUMAN HASIL UJIAN KESEHATAN PRODI D.IV TAHAP I

Hari Jum'at, 15 Januari 2010 pada pukul 16.30 WIB Panitia Sipenmaru Prodi D.IV Poltekkes Depkes Ykt telah menyelesaikan nominasi dan mengumumkan Hasil Ujian Kesehatan (UKES) Tahap I yg telah dilaksanakan di RSUP Dr. Sardjito pada tgl 13 -14 Januari 2010.

Hasil lengkap pengumuman Ujian Kesehatan Tahap I dapat di lihat di Papan pengumuman Kampus Poltekkes Depkes Ykt atau disini:
Pengumuman UKES Tahap I Sipenmaru Prodi D-4

Biaya yg harus dibayarkan oleh setiap calon mahasiswa baru Prodi D.IV Poltekkes Depkes Ykt TA. 2010/2011 pada saat daftar ulang adalah sbb:
  1. Biaya pendidikan (sesuai PP 13): Jurusan Analis Kes.= Rp 6.660.000,- Jurusan Gizi = Rp 6.660.000,- Jurusan Kebidanan= Rp 9.060.000,- Jurusan Kes. Gigi = Rp 6.660.000,- Jurusan Kes. Lingkungan = Rp 6.660.000,-
  2. Jas Almamater, Buku Komunikasi, Buku Praktikum Komputer, Buku Panduan KTI, Jurnal Kesehatan = Rp 175.000,-
  3. Iuran BEM = Rp 150.000,-.
Pembayaran biaya registrasi Tahap I tsb dilakukan melalui 3 loket pembayaran (Bank BTN utk Point No. 1, Koperasi Poltekkes utk Point No. 2, dan BEM utk Point No. 3). Loket pembayaran akan dibuka di Direktorat Poltekkes Depkes Ykt mulai tanggal 18 - 19 Januari 2010 pukul 09.00 WIB -s/d- 14.00 WIB.

Selamat atas diterimanya Anda sbg Calon Mhs Baru Poltekkes Depkes Ykt TA. 2010/2011.

Wednesday, January 13, 2010

SELAMAT JALAN, DAN SELAMAT BEKERJA... !

Hari Rabu, tgl 13 Januari 2010, pukul 17.00 WIB mewakili Institusi Poltekkes Depkes Ykt Koordinator Ursn. Kemahasiswaan telah melepas keberangkatan rombongan alumni Poltekkes Depkes Ykt yg akan bekerja sbg tenaga perawat dan analis laboratorium di RS Mayapada Hospital Tangerang, Jawa Barat.

Rombongan berpose bersama sebelum berangkat ke Tangerang

Rombongan ini terdiri dari 3 orang lulusan Keperawatan, yaitu:
a. Dita Swandani
b. Yati
c. Desta Endikasari

dan 3 orang lulusan Analis Kesehatan, yaitu :
a. Fitria Puspitasari
b. Zeptiani Ika Wulandari
c. Asih Setyorini

Namun karena Sdri. Zeptiani Ika Wulandari masih mondok di RS Dr. Oen Solo karena sakit Demam Berdarah, maka ybs ijin tidak dapat berangkat bersama rombongan ini.

Mereka ber-5 berangkat menggunakan mobil travel L-300 agar bisa langsung diantar ke lokasi dan tidak bingung mencari2, serta tentu saja agar lebih aman. Kebetulan salah seorang alumni yg diterima di Mayapada Hospital adalah putri dari salah seorang Karyawan Jurs. Analis Kesehatan Poltekkes Depkes Ykt, maka secara informal Bpk Subiyono juga sekaligus berperan sbg pendamping rombongan.

Ke-6 alumni Poltekkes ini adalah sebagian dari 17 orang alumni Poltekkes yg telah dinyatakan lulus test berdasarkan hasil seleksi langsung yg dilakukan oleh 2 orang tim dari HR dan GA Mayapada Hospital Tangerang pd tgl 2 Nov 2009 di Auditorium Kampus Terpadu Poltekkes Depkes Ykt.

Mengutip istilah yg digunakan oleh Bp. Susanto Kawi (HR dan GA Mayapada Hospital), maka, mereka ber-6 adalah orang2 yg berjodoh dgn Mayapada Hospital karena hanya mereka sajalah yg positif berangkat utk bekerja. Sisanya yg 11 orang lainnya ternyata berjodoh di tempat2 lainnya, ada yg diterima sbg CPNS di DIY, maupun Jateng, dll. Dan mereka ini akan mulai masuk kerja di Mayapada Hospital Tangerang terhitung sejak tanggal 15 Januari 2010.

Selamat kepada ke-6 Alumni Poltekkes Depkes Ykt. Semoga karir yg gilang-gemilang menanti di Mayapada Hospital Tangerang... Amien...

Monday, January 11, 2010

PENGUMUMAN HASIL UJIAN TULIS PRODI D.IV TAHAP I

Hari Senin, 11 Januari 2010 pada pukul 15.30 WIB Panitia Sipenmaru Prodi D.IV Poltekkes Depkes Ykt sesuai janji yg telah disampaikan kepada para peserta Ujian tulis, menyampaikan pengumuman Hasil Ujian tulis (UTUL) Tahap I.

Namun, tidak semua peserta uji tulis Tahap I dapat melihat pengumuman hasil test-nya. Hal ini dikarenakan untuk hasil test Sipenmaru Prodi D-III Progsus Jurs. Kes. Gigi, dan Prodi D-IV Jurs. Keperawatan (KGD dan KMB) hasilnya masih belum selesai diproses, dan baru akan diumumkan bersamaan dgn pengumuman Uji Tulis Tahap II nanti (23 Januari 2010).

Hasil lengkap pengumuman Ujian tulis Tahap I dapat dilihat di alamat web ini.

Diagendakan pada hari Rabu-Kamis, 13-14 Januari 2010 akan diadakan Uji Kesehatan (UKES) Tahap I bagi para calon mahasiswa yg telah dinyatakan lulus pada pengumuman Tahap I ini. Uji Kesehatan akan dilaksanakan di Ruang GCU RSUP Dr. Sardjito. Biaya Uji kesehatan sebesar Rp. 55.000,-

Selamat atas kelulusan UTULnya, smoga kembali lulus di UKES nanti... Amin.

Wednesday, January 6, 2010

AYO, RAME-RAME IKUT PELATIHAN SHOLAT KHUSYU' (Sesion 2)


Setelah sukses dengan kegiatan Pelatihan Sholat Khusyu' (Sesion I), yang telah digelar pada malam Jumat, tgl 3-12-2009, sebagaimana telah diposting pada artikel sebelumnya, maka pada hari Kamis, 7 Januari 2010 kembali akan diadakan kegiatan Kajian Rutin Malam Jum'at dengan materi Pelatihan Sholat Khusyu' (Sesion 2) bertempat di Aula Asrama Terpadu/Asrama I Poltekkes Depkes Ykt, Jl. Gadingan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yk.

Bagi anda para mahasiswa/i Asrama Terpadu, maupun mahasiswa/i dan civitas akademika Poltekkes Depkes Ykt lainnya yg belum berkesempatan mengikuti Pelatihan Sholat Khusyu' (Sesion I) dimohon dgn sangat kehadirannya di Aula Asrama Terpadu Poltekkes Depkes Ykt, pukul 19.30 WIB - s/d- selesai.

Jangan khawatir, Pelatihan Sholat Khusyu' Sesion II ini masih sama dgn kegiatan sebelumnya: GRATIS, DAPAT ILMU, dan DAPAT SNACK !!!

Nggak mau khan jadi orang Islam yg merugi (Sholat tapi tidak tahu ilmunya & tidak khusyu') ? Makanya, Datang yaa !

Semoga ALLAH SWT meringankan langkah kita menuntut ilmu agama. Amien... Trima kasih ...

SIPENMARU PROGRAM D-4 KESEHATAN DAN PROGSUS D-3 (KES. GIGI)

Hari Kamis, 7 Januari 2010 bertempat di Auditorium Kampus Terpadu Poltekkes Depkes Ykt Jl. Tata Bumi 3, Banyuraden, Gamping, Sleman telah diselenggarakan ujian tulis (Utul) Tahap I Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Poltekkes Depkes Ykt TA. 2010/2011. Ujian tulis ini dimulai pukul 09.00 -s/d- pukul 11.00 WIB.

Peserta ujian tulis Tahap I ini tercatat sebanyak 210 orang berasal dari ke-6 jurusan yang ada diPoltekkes Depkes Ykt, namun dari jumlah tsb yg dapat hadir mengikuti ujian tulis hanya sebanyak 177 orang, sedangkan sisanya sebanyak 33 tidak dapat hadir karena berbagai alasan, seperti: ada sripah/lelayu, sakit, tidak dapat meninggalkan tugas dari kantornya/belum bisa datang ke Yogya, dll. Bagi mereka yg belum dapat hadir mengikuti uji tulis tahap I ini, Panitia masih memberi kesempatan untuk dapat mengikuti ujian tulis pada tahap berikutnya, yaitu pada pelaksanaan uji tulis tahap II yg dijadwalkan pada hari Kamis, tanggal 21 Januari 2010.

Karena ini adalah kegiatan Sipenmaru Program D-4 Kesehatan dan Progsus D-3 (Kes. Gigi), maka mayoritas peserta ujian adalah calon mahasiswa "bermutu" (bermuka tua). Mereka adalah para Bpk/Ibu yg sudah bekerja sbg pegawai/karyawan di berbagai unit/instansi pelayanan kesehatan. Tak saja berasal dari lokal Yogyakarta, mereka juga datang dari berbagai daerah/ propinsi lainnya di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Kupang-NTT, Goa-Sulawesi, Aceh Tamiang-NAD, Kalimantan Barat, dll.

Disamping calon mahasiswa "bermutu" tsb, terdapat pula peserta ujian yg memang masih fresh graduated/belum bekerja. Mereka terutama adalah calon mahasiswa D-4 untuk Jurusan Analis Kesehatan, Gizi, Kes. Gigi, dan Kes. Lingkungan. Sedangkan untuk program D-4 Jurs. Kebidanan dan Jurs. Keperawatan, serta Program Khusus D-3 Jurs. Kes. Gigi mengharuskan calon mahasiswanya adalah mereka yg sudah bekerja sesuai profesinya masing2.

Pengumuman hasil Uji tulis ini insya Allah akan diadakan pada hari Senin, tanggal 11 Januari 2009, pukul 13.00 WIB.

Semoga sukses kepada para peserta Utul kali ini...

Tuesday, January 5, 2010

BERSIH RUANGANKU, BERSIH HATI & PIKIRANKU...

Memasuki awal tahun baru 2010 Masehi, sejumlah unit/bagian dan ruangan di Direktorat Poltekkes Depkes Ykt disibukkan dengan berbagai aktifitas rutin dan juga tugas tambahan, yaitu membersihkan berkas-berkas kerja yang sudah tidak aktif dan menumpuk sejak beberapa bulan bahkan beberapa tahun lamanya di atas meja kerja.

Hal ini sesuai dgn surat edaran Direktur agar di awal bulan Januari ini dilakukan penataan, kerapian, dan kebersihan masing-masing ruangan di Direktorat Poltekkes Depkes Ykt, sebagaimana yg telah diposting sebelumnya.

Saking banyaknya tumpukan kertas, kardus, dan juga debu yg menyertainya, para staf Urusan Kepegawaian bahkan harus menggunakan masker dan meminta bantuan staf lainnya utk menyapu, membersihkan dan memindah berkas2 tsb. Jika tidak, maka dipastikan mereka akan mengalami bersin2 karena debu yg berterbangan, dan membutuhkan waktu berhari-hari utk menyelesaikan bersih2 ruangan kepegawaian ini.

Semestinya kegiatan ini bisa dirutinkan setiap minggu sekali, tidak hanya saat terjadi pergantian tahun/akan menyambut hadirnya direktur baru, karena sebenarnya telah ada anjuran/Gerakan Jum'at Bersih di tempat kerjanya masing-masing.

Sekedar informasi, Gerakan Jumat Bersih pertama kali dicanangkan mantan Menteri Kesehatan Prof Dr Sujudi (almarhum), guna membudayakan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat. Namun begitu berganti pemerintahan, gerakan itu melempem.

Suasana kerja yg tertata rapi, bersih akan sangat menunjang produktifitas kerja sehingga dapat dihindari terjadinya Sick building syndrome- yaitu sindroma yg diderita seorang (pekerja/pegawai) terkait dengan kondisi lingkungan tempat kerja/tempat tinggalnya yg tidak sehat/bersih. Gejala yg tampak dapat berupa: tingginya tingkat kesakitan atau ketidakhadiran karyawan, menurunnya produktivitas, rendahnya kepuasan kerja dan tingginya tingkat pergantian karyawan. (Sepertinya gejala yg disebutkan pertama sampai ketiga sudah terdeteksi terjadi di Poltekkes)

By the way, kalau membersihkan berkas2 kerja saja serepot ini, bagaimana pula dgn memelihara kebersihan hati ya !?... Tapi, yg menjadi masalah adalah: Apakah kita menyadari bahwa hati kita juga bisa kotor dan berdebu sehingga juga perlu dibersihkan slalu ?!?

Referensi:
1. Sick building syndrome, Wikipedia
2.
Sick_building_syndrome, Manfred Kaiser
3. Sick_building_syndrome, www.medicinenet.com
4. Gerakan Jumat Bersih, www.beritakota.co.id

Saturday, January 2, 2010

POLTEKKES DEPKES YKT, RUJUKAN IPTEKKES INDONESIA...

Sejak beberapa tahun terakhir, kunjungan studi banding dari berbagai Poltekkes Depkes, dan institusi pendidikan kesehatan lain silih berganti menyambangi kampus Poltekkes Depkes Ykt. Ini tentu tak terlepas dari berbagai prestasi yg telah dikoleksi Poltekkes Depkes Ykt, sebagaimana telah diposting pada artikel sebelumnya.

Terakhir adalah kunjungan studi yang dilakukan oleh Mahasiswa D-IV Kebidanan Poltekkes Depkes Ternate, Maluku Utara. Rombongan ini terdiri dari 20 orang mhswi dan dosen pembimbing lapangan.
Bpk. M. Primiaji R, SST, MKes -Koord.Urs. P&Sisfo- menjelaskan kpd
rombongan Mhs D-4 Kebidanan Poltekkes Depkes Ternate
beragam prestasi yg telah diraih Poltekkes Depkes Ykt
yg terpajang di lemari display.

Mereka dgn didampingi dosen pembimbing lapangan menghabiskan waktu selama 2 minggu untuk belajar teori dan praktek di Jurs. Kebidanan Poltekkes Depkes Ykt. Dan pada hari Kamis, 31-Des-2009, rombongan studi tsb akhirnya berpamitan dgn segenap civitas akademika Poltekkes Depkes Ykt. Pamitan dilangsungkan di Ruang Pertemuan "Poerwo Soedarmo" Jurusan Gizi Kampus Terpadu Poltekkes Depkes Ykt Jl. Tata Bumi No.3, Banyuraden, Gamping, Sleman, Ykt.

Sebelum acara pamitan dimulai, seluruh rombongan mhs yg tidak lain adalah para ibu2 bidan di daerah Ternate ini diajak berputar2 melihat2 fasilitas yg ada dilingkungan kampus Terpadu Poltekkes Depkes Ykt.

Berpose bersama setelah melakukan kunjungan ke
Unit Perpustakaan Terpadu Poltekkes Depkes Ykt

Melihat2 fasilitas dan suasana di Lab. Bahasa Poltekkes Depkes Ykt.

Acara perpisahan ini berlangsung istimewa, krn utk keperluan pamitan ini, Ibu Direktur Poltekkes Depkes Ternate menyempatkan diri terbang/datang langsung dari Ternate Maluku Utara ke Yogyakarta. Keharuan juga terjadi saat salah seorang mhswi D-4 Kebidanan tsb menyampaikan kesan dan pesan setelah mengikuti studi banding ke Poltekkes Depkes Ykt khususnya, dan Prop. DIY umumnya. Tetesan air matapun tak dapat ditahan mengiringi acara pamitan ini.

Semoga silaturrahim ini dapat terus berlanjut di waktu2 mendatang.

Siapa lagi yg akan menyusul utk melakukan studi banding ke Poltekkes Depkes Ykt ?!?
Welcome ... Kami siap melayani dan berbagi Iptekkes!